UPDATE : INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU KUNJUNGI : www.pmb.umk.ac.id || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU KUNJUNGI : www.umk.ac.id/daftar || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2017/2018 GEL. I DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI 2017

Agar Kelengkeng Berbuah Tebal

Tanaman Kelengkeng merupakan tanaman buah yang banyak digemari oleh masyarakat, selain rasanya yang manis tanaman ini dapat berbuah tidak mengenal musim, berpotensi untuk bisnis, dapat ditanam pada rendah dan dapat ditanam pada lahan yang sempit bahkan dapat ditanam dalam pot.

Dari jenis kelengkeng yang dibudidayakan dapat dipilih jeis kelengkeng pingpong, kelengkeng diamond river, kelengkeng kristalin, dan kelengkeng itoh.

Dalam budidaya kelengkeng pada lahan aau tanah biasa maka selain memilih bibit yang akan ditanam, maka untuk mendpatkan pertumbuhan tanaman yang baik perlu diperhatikan tempat atau media tanam yang baik.

tanah dibuat lubang tanam dengan ukuran 0,5 m x 0,5 m x 0,5 m, lubang tanam yang telah siap, diisi dengan campuran antara tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Dan apabila klengkeng dibudidayakan dalam pot maka media tanam yang digunakan untuk mengisi pot yakni campuran antara tanah, pupuk kandang dalam sekam dengan perbandingan 2:1:1.

Untuk memperoleh buah kelengkeng yang berkualitas, termasuk kelengkeng yang berbuah tebal, maka perlu diperhatikan bahwa kelengkeng termasuk tanaman yang menyukai sinar matahari yakni tanaman yang menghendaki cahaya penuh.

Untuk hal tersebut maka seyogyanya tanaman kelengkeng tidak ternaungi. Selain hal tersebut maka tanaman perlu mendapatkan perawatan yang baik, diantaranya adalah masalah pemupukan.

Pemupukan dilakukan dua kali dalam satu tahun yakni awal musim hujan dan menjelang musim kemarau. Adapun pupuk yang diberikan dapat menggunakan Urea, TSP, dan KCl atau NPK.

Dosis yang dianjurkan untuk tanaman kelengkeng yang dibudidayakan di lahan, tanaman yang sudah berumur empat sampai lima tahun dapat diberikan satu sampai dua kilogram setiap kali pemupukan. Cara pemupukan yakni pupuk diberikan dengan cara membenamkan melingkar dari tajuk daun.

Selain pemupukan maka untuk erbaikan kuantitas dan kualitas buah, tanaman kelengkeng perlu dilakukan pemangkasan, karena pemangkasan ranting atau cabang tanaman ini difungsikan untuk mengatur banyak cabang, memperpendek pohon dan mengatur keseimbangan karbohidrat dan nitrat agar tanaman dapat berbuah.

 

Dikutip dari rubrik "Among Tani" Harian Suara Merdeka

INFO KOPERTIS VI

BERITA DIKTI

Go to top