UPDATE : INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU KUNJUNGI : www.pmb.umk.ac.id || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU KUNJUNGI : www.umk.ac.id/daftar || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2017/2018 GEL. I DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI 2017

Rehabilitasi Lahan Pasca Tambang Menjadi Topik Kuliah Perdana Fakultas Pertanian

(8/9/16) Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus mengadakan Kuliah Perdana yang bertempat di Ruang Seminar Gedung Rektorat Lt 4. Kuliah perdana tersebut dihadiri oleh dosen dan juga mahasiswa Fakultas Pertanian dari semester 3, 5 dan 7.

Kuliah perdana yang mengusung topik “Rehabilitasi Pasca Tambang” ini mendatangkan Prof. Ir. Ali Munawar, M.Sc, Ph.D yang merupakan dosen di Universitas Bengkulu sekaligus Universitas Tidar Magelang.

Penambangan merupakan proses pengambilan batuan dan mineral dari bumi, Indonesia merupakan penghasil batu bara nomer 5 di dunia. Industri pertambangan merupakan industri yang memiliki sisi mata uang yang berbeda, selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, disisi lain industri pertambangan mengusik sumber daya lahan karena mengakibatkan kerusakan alam.

Dampak yang ditimbulkan akibat kerusakan lahan antara lain perubahan bentuk muka lahan, Perubahan kualitas tanah yang meliputi kehilangan tanah pucuk, pemampatan tanah dan kontaminasi, Erosi dan sedimentasi, Gerakan tanah dan longsor, Pengaruh terhadap Hidrologi dan Kualitas air, Pengaruh terhadap kehidupan flora dan fauna, Polusi udara dan juga perubahan iklim mikro.

Hal ini tentunya akan mengganggu kelestarian kehidupan, Oleh karena diperlukan rehabilitasi untuk lahan pasca tambang. Rehabilitasi lahan pasca tambang bertujuan untuk mengembalikan lahan tambang ke kondisi seperti semula dan berkelanjutan. Banyak hal yang dapat dilakukan antara lain revegetasi, pengelolaan tanah pucuk dan pengelolaan air asam tambang (AAT).

“Kuliah perdana kali ini sangat menarik karena selain pematerinya yang menarik, topik yang diusung kali merupakan hal yang baru bagi mahasiswa Agroteknologi”, ujar Unggul saat mengikuti kuliah perdana . “Change your climate before climate change you”, ujar Prof Ali dalam penutupan kuliah perdana kali ini. (IFN-BEMFP)

INFO KOPERTIS VI

BERITA DIKTI

Go to top