UPDATE : INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU KUNJUNGI : www.pmb.umk.ac.id || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU KUNJUNGI : www.umk.ac.id/daftar || PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2017/2018 GEL. I DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI 2017

GERAKAN MAHASISWA JADUL DAN MASA KINI

 

Kamu yang sekarang ini masih belajar dibangku kuliah tentunya mendapat status sebagai mahasiswa. Dari masa ke masa pastinya akan ada banyak perubahan dari mulai gaya belajar, tingkah laku, bahkan pergaulan. “Mahasiswa Tak Lekang Oleh Waktu”, yap… mungkin kalimat itu cocok kali yaa buat para pemburu gelar sarjana. Seperti yang kita tahu, dari zaman universitas kita didirikan sampai sekarang ini tentunya telah memiliki mahasiswa yang berbeda-beda karakter. Nah… untuk kamu yang sekarang ini masih menyandang status mahasiswa merupakan mahasiswa masa kini yang segalanya sangat berbeda dengan mahasiswa tempo dulu.

Yuk… coba simak, apa sih yang membedakan mahasiswa jaman dulu dan masa kini???

Menurut Ir. Shodiq Eko Ariyanto, MP yang merupakan dosen sekaligus alumni Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus menjelaskan bahwa tingkah perilaku dari mahasiswa zaman dulu dan sekarang sangat berbeda jauh. Ada tiga hal yang sangat membedakan, yaitu mulai dari sifat sungguh-sungguh mahasiswa, semangat mahasiswa, dan tanggung jawab mahasiswa.

Beliau menjelaskan bahwa mahasiswa pada era jaman dulu begitu sungguh-sungguh ingin tau dan semangat dalam belajar, sedangkan untuk mahasiswa jaman sekarang dirasa kurang bersemangat dalam belajar. Pada sistem pendidikan jaman dulu menurut beliau itu sangat ketat karena masih dengan sistem TCL ( Teacher Center Learning ) karena dosen berbicara dan jika mahasiswa tidak paham mahasiswa harus mencari buku untuk melengkapi materi tersebut. Sedangkan di era sekarang sistem pengajarannya menggunakan SCL ( Student Center Learning ) yang berpusat pada mahasiswa, sehingga di era sekarang mahasiswa aktif, punya bahan, kurang jelas/tidak sesuai dengan teori mahasiswa bisa langsung complain ke dosen, sehingga mempunyai dampak yang baik bagi mahasiswa sekarang, karena mahasiswa bisa lebih kreatif, tetapi belum bisa mahasiswa laksanakan sepenuhnya “ tutur beliau ”.  Kemudian untuk sifat tanggung jawab mahasiswa dulu lebih tanggung tawab dalam bekerja sama pada satu kelompok. Sedangkan pada jaman sekarang mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab yang sangat kurang karena masih banyak mahasiswa sekarang kurang bersungguh-sungguh dalam belajar dan apabila dikasih tugas masih banyak mahasiswa yang “nggandul” dalam kegiatan kelompok.

Dari segi fashion beliau menambahkan bahwa jaman dulu mahasiswa lebih sopan dibanding mahasiswa sekarang. Karena jaman dulu mahasiswa mau mengahadap dosen harus berpakaian rapi dan sopan sedangkan sekarang mahasiswa mau menemui dosen masih banyak yang menggunakan kaos oblong, hal itu sangat tidak sopan menurut beliau. Kalau sekarang mahasiswa dalam mengetahui hasil belajar, mencari tugas dan mengerjakan tugas bisa melewati, sunan, portal dan internet, sehingga sangat memudahkan mahasiswa dijaman modern seperti ini. Sedangkan kalau jaman dulu mahasiswa mengerjakan tugas masih harus mencari buku terlebih dahulu dan untuk mengetahu hasil belajar mahasiswa, nilai dipasang dipapan (mading) yang ada difakultas sehingga dapat mengetahui hasil mahasiswa yang sungguh-sungguh dalam belajar. “Perbedaan mahasiswa fakultas pertanian pada jaman dulu dan sekarang juga dapat dipengaruhi dari jaman yang semakin modern maupun dari fasilitas yang semakin berkembang dan berbeda” tuturnya saat ditemui tim redaksi di ruangannya.-  (Lukluul Maknun)

INFO KOPERTIS VI

BERITA DIKTI

Go to top