Kudus – Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus menggelar turnamen bola voli sekaligus dalam rangka memeriahkan rangkaian acara Dies Natalis Faperta ke-41 dengan tema “Satu Tujuan, Satu Harapan Menuju FAPERTA Keren”. Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Bola Voli Universitas Muria Kudus pada Sabtu (9/12/2023).

”Turnamen ini merupakan salah satu ajang untuk memeriahkan acara Dies Natalis Faperta ke-41 sekaligus menggalang rasa sportivitas antar civitas academica Fakultas Pertanian UMK. Diharapkan juga, acara ini dapat menjadi fun games ditengah padatnya aktivitas perkuliahan dan praktikum mahasiswa,” ujar Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO), Farhan Ardiansyah.

Turnamen bola voli ini diikuti oleh 6 tim dari setiap angkatan yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa kompetitif dan sportivitas antar mahasiswa di Fakultas Pertanian khususnya pada bidang olahraga. ”Pada kegiatan ini bukan hanya untuk meningkatkan jiwa kompetitif dan sportivitas antar mahasiswa Fakultas Pertanian, akan tetapi dalam rangka mempererat silaturahmi antar angkatan,” ujar Riski Dwi Saputro selaku Ketua Panitia Agrofest Dies Natals Faperta ke-41.

Selama permainan berlangsung, para peserta menunjukkan rasa sportivitas yang tinggi dan diharapkan bisa menjadi hiburan bagi setiap mahasiswa Fakultas Pertanian. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh dukungan dari suporter setiap tim yang juga menambah kemeriahan acara ini. Sebagai hasil akhir, didapatkan 3 tim yang mendapat juara yaitu Angkatan 2021 sebagai Juara 1, Angkatan 2019 sebagai Juara 2, dan Angkatan 2022 sebagai Juara 3.

m

Penyerahan trofi dan hadiah kepada Juara 1 turnamen bola voli

(Dokumentasi: Agung Wahyu Nugroho)

 ”Kami bersyukur acara ini dapat berlangsung secara sportif dan meriah, harapan kedepannya semoga acara ini dapat terus berlanjut untuk mempererat silaturahmi dan rasa sportivitas antar mahasiswa pertanian,” ujar Farhan Ardiansyah selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO).


Penulis: Maulina Farhana

Dokumentasi: Agung Wahyu Nugroho

Kudus – Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) melakukan kunjungan lapangan di Hutan Wisata Ternadi dan Wana Wisata Sreni pada Rabu (29/11/2023). Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan kunjungan yang dilakukan dengan tema ”Mengingat Hutan serta Potensinya bagi Masyarakat”.

Kunjungan ini diikuti oleh Mahasiswa Agroteknologi Angkatan 2021 dan beberapa dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus. Kunjungan ini memiliki dua destinasi yaitu Hutan Wisata Ternadi dan Wana Wisata Sreni yang merupakan dua contoh agroforestri yang ada di daerah Karesidenan Pati.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kunjungan lapangan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang agroforestri dan bagaimana pengelolaan hutan yang dilakukan oleh lembaga bersama dengan masyarakat.

Sesampainya di Hutan Wisata Ternadi, rombongan Mahasiswa disambut oleh Bapak Nur Hamid selaku Polisi Hutan (Polhut) yang bertugas di wilayah Perhutanan Muria dan Bapak Jumain selaku pengelola Bumi Perkemahan Ternadi. Rombongan diperkenalkan dengan tipe agroforestri serta komoditas yang ada di kawasan hutan Ternadi. Selain itu, rombongan juga mendapat pengetahuan mengenai pengelolaan kawasan hutan yang tidak sepenuhnya untuk lembaga, tapi juga dikembalikan ke masyarakat.

”Di hutan ini, juga terdapat peran andil masyarakat dalam pengelolaannya. Selain itu, mereka (masyarakat) juga diperkenankan untuk memanfaatkan hasil hutan agar perekonomian masyarakat sekitar hutan dapat terdongkrak naik,” tegas Nur Hamid.

Rombongan melanjutkan perjalanan ke Wana Wisata Sreni yang berlokasi di Dusun Tirto, Desa Bategede, Jepara. Sesampainya disana, rombongan di manjakan dengan hijaunya kawasan yang dihiasi dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Rombongan juga disambut oleh Bapak Nur Hamid selaku Polisi Hutan (Polhut) yang bertugas di wilayah Perhutanan Muria dan Bapakn Saiful Nasir selaku kepala resort daerah Bategede.

Di lokasi tersebut,  rombongan juga mendapat pengetahuan mengenai agroforestri di Wana Wisata Sreni serta kegiatan pemanfaatannya berupa penyadapan getah karet pinus.

”Disini, selain hutan dimanfaatkan sebagai tempat wisata, juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat salah satunya pemanfaatan pohon pinus untuk diambil getahnya yang kemudian dapat dijual, sehingga masyarakat juga ikut merasakan manfaat dari adanya hutan,” tegas Saiful Nasir.

Penulis: Maulina Farhana

         KUDUS – Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus (UMK) kembali menerima kunjungan siswa/ siswi dari SMAN 1 Kudus pada Kamis (26/1). Rombongan sebanyak 200 orang yang keseluruhan merupakan kelas 10 beserta guru pendamping disambut hangat di Gedung Auditorium Universitas Muria Kudus.

         Kunjungan ini merupakan kedua kalinya Fakultas Pertanian UMK menerima kunjungan dari SMAN 1 Kudus setelah yang terakhir dilakukan pada Oktober 2022 lalu. Adapun kunjungan kali ini bertujuan untuk mengenalkan fakultas pertanian serta fasilitas yang ada di dalamnya.

         Acara kunjungan ini diawali dengan penyambutan siswa dan guru pendamping yang bertempat di auditorium UMK. Penyambutan siswa dan guru dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Fakultas Pertanian UMK dengan SMA N 1 Kudus dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat. Setelah penyambutan di auditorium dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa laboratorium seperti laboratorium agronomi, laboratorium proteksi tanaman, laboratorium kultur jaringan, kebun percobaan, dan rumah kompos. Dalam acara ini, para siswa dibagi dalam 4 kelompok yang didampingi oleh mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 serta dosen sebagai tour guide.