Mahasiswa Agroteknologi UMK Bersih-bersih Sungai di Rahtawu Kudus

KUDUS - Jumat (4/10/2019), mahasiswa Agroteknologi Universitas Muria Kudus bersama warga desa Rahtawu dan pihak-pihak dinas terkait melakukan kegiatan bersih sampah plastik di sepanjang aliran hulu sungai Gelis.

Kegiatan ini didasari oleh semakin banyaknya sampah plastik yang ditemukan di wilayah perbukitan Muria khususnya di bagian hulu Sungai Gelis, Desa Rahtawu, Gebog, Kudus, Jateng. Kegiatan ini juga sebagai antisipasi menghadapi musim hujan yang akan datang.

Dikutip dari detik.com, Kaprogdi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus Drs. Hendy Hendro HS, M.Si mengatakan tujuan dari bersih-bersih sungai adalah untuk mengurangi sampah plastik atau limbah sehingga saat datang musim hujan sampah tersebut tidak menghambat aliran sungai.

“Giat bersih pada sungai di tingkat hulu dilakukan. Hilirnya kan di Kudus, jika tidak diatasi maka dampaknya bisa kena banjir” ujarnya.

"Rahtawu merupakan hulu sungai Gelis. Sampahnya banyak sekali. Kurang lebih ada 5 kuintal yang tadi dikumpulkan hanya sampah plastik," tambahnya. (fp_umk)

Sumber: news.detik.com